Minggu, 09 Desember 2012

SEMASA BERSAMA KABINET KAMPUS MADANI


01    MEI 2011                             
PEMBAIATAN……AS PH JMMI 1112…..
Astaghfirullah…..(memang hanya istighfar yang bisa terucap), ujian apa lagi ini,,…?? Berat rasanya mengemban amanah ini…refleksi pada diri sendiri…aq tak pantas mengemban amanah itu…tangisku kian melaju…tak kuat diri ini menahan semua.
Sejenak bercermin pada diri sendiri, seorang saya yang sangat jauh dari persepsi mereka. Yaah, karena mereka belum tahu siapakah aku sebenarnya,..Tapi ya sudahlah, diam dan menyesal hanya akan membuang waktu sia-sia. Mungkin inilah saatnya bergerak, inilah salah satu caraNya menegurku untuk lurus kembali kejalanNya, inilah saatnya aku dituntut menjadi “uswah hasanah” baik bagi diri sendiri maupun orang lain, walau dengan proses yang instan alias dadakan.
Mengawali langkah di departemen bentukan baru, departemen Rumah Tangga (Rangga) adalah langkah yang belum pernah kutapaki sebelumnya, benar-benar baru bagiku. Seluk beluk didalamnya-pun masih berusaha kuraba. Memang, disini aku tak berjalan sendiri, selalu ada mereka, keluarga besar Rangga yang setia melangkah bersama hingga akhir kepengurusan. Bismillah..semua berawal dari nol. Langkah demi langkah mulai dilewati. Mulai dari lomba-lomba antar departemen, seperti masak dan futsal, mabit rangga yang diisi dengan bakar-bakar ikan dan jagung, nonton bareng, olahraga bareng, rihlah sambil outbond, sampai-sampai menghadirkan sebuah seminar munakahat yang bakalan menyiapkan keluarga sesungguhnya…cukup unik dan asyik bukan… Memang secara garis besar, tak ada program kerja yang “serius” alias formal didalamnya, yaah namanya aja rumah tangga..jadi yaa menyesuaikan fungsinya, yaitu mengayomi semua keluarga besar JMMI, agar bisa kerasan dan nyaman berada di bawah naungan JMMI. Sehingga acara yang digelarpun sebisa mungkin bisa membuat mereka lebih erat ukhuwahnya, lebih merasa bahwa mereka semua adalah keluarga disini, yaitu keluarga besar Jamaah Masjid Manarul Ilmi. Yaah, saking akrabnya, kadang juga dipanggil Bu eR Te gitu…risih juga kadang (karena terkesan kayak udah ibu-ibu yang kegiatannya arisan sambil promosi produk baru de el el). Tetapi diambil sisi positifnya aja lah..yaitu sisi keakrabannya..So..Always joy n fun with Us…
               Sebenarnya tidak hanya cukup “ just for fun” saja, dikeluarga rangga inilah kader-kader yang berjiwa entrepreneurship juga dicetak. Mulai dari bisnis pulsa, warung kejujuran, jasa penyewaan LCD dan soundsystem, jasa printer, dan masih banyak lagi.. Jadi, sempurna bukan…ukhuwahnya dapat, jiwa wirausahanya juga gak kalah…yah minimal setelah mencapai pasca kampus nanti, sudah terbiasa dengan hal-hal begituan. Sungguh sesuai sekali dengan jargon departemen rangga ini yaitu “Baina’ul ukhuwah li hisoolati ‘alal barokah” atau membangun ukhuwah untuk meraih barokah. Jika berjalan secara ideal, sudah pasti akan sangat banyak sekali manfaat yang bisa diambil, baik manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang sekitar. Bukannya memang sudah fithrah bagi manusia untuk menjadi bermanfaat bagi sesamanya, “khoirunnas ahsanuhum khuluqon wa anfa’uhum linnas” yang artinya sebaik-baik manusia adalah mereka yang baik akhlaqnya dan bermanfaat bagi sesamanya.
               Tetapi, lagi-lagi, inilah kita, al insan makanul khotho’ wannisyan…harapan dan angan mungkin lebih indah dari realita yang ada. Realita inilah aplikasi dari segala ide-ide yang ideal, walau mungkin hasilnya tak sama persis dengan ide yang ideal tersebut. Keterbatasanlah yang ada pada kami, baik dari segi kapabilitas maupun profesionalitas. Secara umum, harapan tersebut terlaksana dengan baik, walaupun masih belum bisa dikatakan maksimal seratus persen. Tetapi kami, khususnya diri saya sendiri, yakin bahwasannya “in tansurulloh yansurukum wa yutsabbit aqdamakum (QS Muhammad 7)”. Apapun yang dikerjakan dengan dasar “li i’laa’i kalimatillah”…insyaAlloh akan dilancarkan dan berbuah manis pula. Kami merindukan kader-kader dakwah yang berpegang pada ukhuwah islamiyah, berpegang pada tali agama Alloh, berpedoman pada AlQur’an dan Sunnah. Kami-pun merindukan kader-kader dakwah yang berjiwa wirausaha yang tinggi, seperti halnya Rosululloh SAW, sosok figur yang mampu menyeimbangkan amalan akhirat sekaligus dunianya, sosok yang mampu menjadi uswah terbaik sepanjang zaman baik dari segi imtaq dan iptek dan segalanya. Maka dari itu, berawal dari kerikil-kerikil kecil , ibarat dari langkah kami ini, semoga bisa menjadi awal pondasi untuk kerekatan ukhuwah dan barokah dari setiap aktivitas selanjutnya. Dakwah tidak membutuhkan orang yang ‘alim saja, dakwah tidak membutuhkan orang yang cerdas  saja, dakwahpun tidak membutuhkan orang yang istiqomah saja, melainkan dakwah membutuhkan ketiganya, orang-orang yang ‘alim, cerdas, dan istiqomah.
               Dan saat ini, 03 mei 2012…setahun lebih terlewati langkah-langkah dikeluarga Jamaah Masjid Manarul Ilmi ini, khususnya di lovely departemen, departemen Rumah Tangga  JMMI 1112. Semua kan menjadi kenangan terindah sepanjang hidup, hanya bisa mengambil ilmu, pengalaman, dan hikmah.

                                                            ¸.•'´´*•.♥farosha ♥.•*´`*•.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar